Exploring the suburb of Tainan (Anping)

Kali ini, aku jalan – jalan ke pingiran kota Tainan. Dimana Tainan adalah kota yang terletak di bagian barat dari Taiwan. Ternyata Tainan adalah kota tertua yang menjadi cikal bakal berdirinya Taiwan. Di kota ini dulunya adalah pusat pemerintahan pertama dibentuk. Sama seperti Yogyakarta yang dipindah ke Jakarta. Kami sering bilang kalo Tainan adalah Jogjanya Indonesia. hhehe. Namun sekarang, pusat pemerintahan Taiwan ada di Taipei. Dan kota ini menjadi sebenarbenarnya Jogja kerena kaya akan budaya lokalnya, tradisinya.

Kota ini termasuk kota yang tahan banting, karena pernah mengalami nasib yang sama dengan kota-kota di Indonesia yaitu dijajah oleh Belanda selama 300 tahun. Sehingga banyak pula peninggalan-peninggalannya seperti benteng Fort Anping yang sekarang ini bernama Fort Zeelandia, Anping old street, confucius tample, gunung garam, Tainan night market dll. Tainan juga terkenal akan tempat-tempat wisata sejarahnya, selain itu juga menjadi tempat kuliner yang populer juga. Untuk itu, Aku dan teman-teman kali ini berkunjung ke salah satu taman di pinggiran pantai Anping yang bernama Taman Lin Mo Niang. 

Anping dari tempat kuliahku NCKU, rumayan dekat, bisa ditempuh dengan bermotor bisa juga dengan bis kota yang terjadwal tiap +-30 menit. Rumayan murah, sekali naik hanya 16 NT, kalo dirupiahkan cuma 7000 rupiah. Kalo mau bersepedah juga bisa, sekalian cari pokemon, hhehe. Iya, banyak sekali orang-orang lokal disini berkumpul di taman-taman kota untuk mencari pokemon. Gambar ini adalah suasana di salah satu dari berbagai taman-taman Taiwan. Ingat, ini hanya di salah satu tamannya saja!.76C61FF5-8822-4023-9D9B-D18D665F8039

Kembali lagi ke topik utama. Dibawah ini adalah suasana bis kota, cukup sepi aku bilang. Terkadang kita hanya bisa berdiri di tengah-tengah ketika ramai. Di pinggiran tempat duduk kita ada suatu tombol yang digunakan ketika kita ingin turun di halte terdekat. Kalo tidak tahu halte mana kita akan turun dan hanya tahu nama lokasi tujuan kita, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya ke sopir ala kadarnya, tunjukkan nama chinanya menggunakan google translite + gambarnya, beruntung kalo dapet sopir yang bisa berbahasa inggris.

Aku pernah, naik bis dengan tujuan ke kampusku NCKU, aku masuk bis dan ditanya sopirnya mau kemana, dan aku bilang “National Cheng-Kung University”. Sopirnya balas “hha? apa itu?…” sok-sok an nebak aja. hhehe intinya dia gak paham mana tujuanku. Lalu teman dibelakangku dengan berbasaha mandarin yang dipelajari dari SMA ala kadarya bilang “Centa tasuek.”. Langsung sopirnya membalas, “ooo… centa tasuek ma? ho ho…” tandanya paham. NCKU adalah kampus pertama dan tertua yang didirikan pada tahun 1931. Dan menjadi kampus terbaik pada masanya. Tak heran jika banyak orang-orang yang tahu, terlebih orang tua dan sambil mengacungkan jempolnya jika dia tahu kami sedang kuliah disana.

E8BA2BFE-5757-4DE2-B424-5ECDC6FA9F79

Bis Kota Tainan

Taman Lin Mo Niang

Taman ini sangat ramai sekali, banyak anggota keluarga berkunjung disini untuk menikmati pemandangannya. Mengajak anak-anaknya untuk bermain layang-layang, anjing-anjing nya yang berkeliaran dengan bebasnya. Dan kucing yang sangat minoritas. hhehe Meski dengan keramaiannya, taman ini tetap terjaga kebersihannya. Kurang lebih dua jam (jam 4 hingga jam 6) kami menikmati pinggiran Anping.

71EF1FE8-730A-4754-B0B0-F8B7CA2A25D8

Ini adalah patung Lin Mo Niang yang tingginya mencapai 16 meter. Patung ini adalah salah satu gadis yang bernama Mo Niang. Dengan berdirinya patung ini berniat untuk mengajak para pemuda untuk semangat belajar seperti masa mudanya Mo Niang. Berniat untuk membaca diskripsi patungnya, ternyata saya masih belum bisa baca tulis di tempat ini. hhehe jadi ya sudahlah…

59D5F074-7780-42FF-97EC-6F07F2E7E8EB

Ketika waktu magrib tiba, kami berusaha mencari tempat untuk sholat, karena disekitar sini tidak ada masjid/mushola, kami hanya menggelar tikar/sajadah sederhana dan sholat di pinggiran jalan.

credit by : Nurahida Laily dan Faiz

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s