Saya bilang, super komputer :D

Saya hari ini akan menceritakan kejadian yang rumayan diluar dugaan. Kejadian ini terjadi di lab saya, Digital Geometry Laboratory. Ketika saya mengerjakan kodingan saya di program C#, tiba-tiba programnya berhenti dan menunjukkan tanda-tanda masalah, terutama bagian kapastias memory / RAM.

Saya tetap saja ngecek kodinganku, apakah ada yang salah dengan logikanya atau perbedaan variable nya. Karena RAM yang ada di PC ini adalah 24 GB, rumayan besar. Sangat besar daripada laptop-laptop pada umumnya. Dan kapasitas VGA sebesar 4 GB, ditambah tipe PC-nya adalah tipe server(Xeon). Lalu tetap saja aku jalankan berulang kali lalu laporkan kepada teman se lab ku. Dan benar, bahwa permasalahan utamanya adalah kekurangan dalam kapasitas RAM.

Kemudian, temanku yang mempunyai RAM pada PC nya berkapasitas 64GB, mahu saja dia berikan 2 slot masing2 8 GB (16 GB) kepadaku. Namun tidak disangka bahwa slot RAM PC ku hanya tersisa 1 slot, dan satu slot itupun tidak sesuai tipenya dengan PC temanku.

Hhm.. Nasib, jadi tidak bisa kita lakukan penambahan RAM, dan tetap saja yang saya gunakan adalah 24 GB dengan mengurangi input data images dari 16 images ke 6 images. Kemudian bisa jalan normal.

Tak cukup sampai disini, kemudian permasalahan ini dilaporkan oleh temenku ke profesor. Kami diskusi untuk mengatasi masalah ini, dengan berbagai macam solusi yang masih saja tak dapat terpecahkan. Pada akhir pembicaraan, akhirnya prof. bilang, “iya karena komputer mu itu sudah tua sekitar 5 tahun lalu, makanya tidak cocok dengan tipe RAM yang baru”. Disambung lagi sambil menengok ke mahasiswa Ph.D yaitu temanku se lab. Prof. bilang “berapa kapasitas RAM yang ada di PC mu?” jawab mahasiswa Ph.D itu “128 GB, ada 8 slot, dan masing-masing slot berkapastas 16 GB”. Langsung singkat balas dari profesor “Oke, kalo begitu, kita akan beli baru, dengan kapasitas RAM yang sama, processor yang sama, beli dua PC”. Dengan cepat ia mengakhiri pembicaraan.

Batinku, waw… gini solusinya? Wahh… Saya dan temanku (teman Indonesia satu lab) akan menggunakan PC baru dengan kualitas yang sangat bagus. Alhamdulillah semoga tetap bermanfaat untuk satu tahun kedepan. Aamiin…

Leave a Reply

