Tetaplah berada pada jalan yang diridhoi Allah SWT

Kemarin tentang masalah takdir, saya telah mengulas singkat yang intinya adalah, kuatkanlah tekat untuk memilih yang baik-baik dalam kehidupan yang kita jalani ini, maka kita akan mendapatkan konsekuensi dari pilihan kita pun dengan yang baik-baik, insyaalah. Namun sebaliknya, jika ada dua pilihan yang baik dan yang buruk dihadapan kita, namun kita memilih yang buruk, maka persiapkanlah diri kita dari resiko pilihan kita karena akibat dari keburukan itu akan mendatangkan keburukan yang lainnya. Dan, jika kita gagal dalam suatu pilihan, maka Allah SWT akan memberi cobaan itu hingga kita dapat melaluiNya dengan baik. Semoga semua kita dibimbing Allah SWT kemampuan untuk memilih yang baik-baik. Sesuai dengan ketentuanNya, tanpa melanggar ketentuan-ketentuan Allah SWT.

Bisa kita lihat ilustrasi diatas, Saya berada dalam terowongan yang gelab, namun ada sepercik cahaya yang tersusun-susun secara berurutan. Gelabnya sepanjang terowongan ini dituntun oleh cahaya-cahaya. Dimana cahaya-cahaya kecil ini menuntun kita kepada cahaya yang besar. Cahaya yang besar ini bisa diumpamakan adalah akumulasi yang diakibatkan dari kita mengikuti petunjuk dan tuntunan dari pilihan kita. Jika kita tetap melangkah maju dengan tidak melampaui aturanNya, maka keluarlah kita dari kegelapan rintangan yang kita jalani saat ini kepada cahaya nikmat yang didalamnya adalah rizky dari Allah SWT.

Banyak sekali pilihan-pilihan yang ada dihadapan kita, apalagi kita sebagai pemuda yang berada di negeri yang mengedepankan kebebasan. Pendapat apapun, jika disuplai dengan argumen yang kuat, maka yang salah bisa jadi benar. Yang bertentangan dengan Islam bisa dibenarkan. Dan, bahkan yang berkembang di kalangan mayoritas masyarakat adalah dianggap yang benar. Padahal itu bertentangan dengan akidah dalam Islam. Kita tidak sadar melakukannya dan menikmatinya.

Namun, kita tidak membahas sampai darisana.

Contohnya Ikhtiar.

Rupanya kita memang diuji oleh Allah SWT dengan hal yang sama, kalau kita belum lolos dengan ujian itu, Allah akan menguji lagi. Kunci dalam mengatasi segala cobaan ini adalah membutuhkan kesabaran. Mungkin dengan kesabaran diatas kesabaran. Kita butuh pengorbanan dan keikhlasan dalam segala hal yang terjadi kepada kita

 

Jika kita tetap berada pada cobaan yang itu-itu saja, maka Allah menginginkan kita agar lulus dari cobaan yang diberikan. Tetaplah taat pada tuntunan syariatnya, dan jangan kita berpaling darinya.
Maka ingatlah,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s